NETTI NATARIDA MARPAUNG

WELLCOME TO MY BLOG..

I'M A DREAMER, AND I WANNA MAKE MY DREAMS COME TRUE.

Jumat, 06 Januari 2012

"JUJUR ITU HEBAT"

               
Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan kalimat tersebut, ya..sebuah jargon baru KPK yang ramai di-iklan-kan baru-baru ini di media massa, baik itu media elektronik maupun media cetak.

Apa yang terlintas di benak kita dengan adanya slogan tersebut? Tak ayal kita akan berfikir tentang korupsi di negara kita ini yang semakin lama semakin merajalela, dari pejabat level tertinggi hingga ketua RT sekali pun sudah terbiasa kita dengar di berbagai berita terlibat kasus korupsi.

Namun apakah jujur itu hanya sebatas persoalan duit belaka? Atau juga hanya sebatas omongan yang kita ucapkan sehari-hari? Tentu tidak, bukan?

Tanpa kita sadari, kita juga sering berlaku tidak jujur terhadap diri kita sendiri juga kepada orang lain. Yang paling sering kita lihat dan baca baik melalui tulisan-tulisan yang kita update di situs jejaring sosial seperti facebook, twitter atau blog pribadi yaitu berupa tulisan-tulisan yang bukan hasil kekayaan intelektual kita, atau istilah keren nya "copy paste".

Apakah copy paste status dilarang, tentu saja tidak ada yang melarang. Seperti contoh, kita meng-update status Mario Teguh yang sarat motivasi ke wall kita tanpa mencantumkan Mario Teguh sebagai nara-sumbernya, tidak mungkin kan Mario Teguh menegur sipengupdate status tersebut? Atau kita memposting suatu cerita menarik yang kita dapatkan dari google atau buku ke wall pribadi atau ke wall grup di facebook tanpa menyertakan sumbernya, apakah ada undang-undang yang langsung menindak kita, tidak bukan?

Sangat banyak kita jumpai status-status yang terbiasa dicopy paste turun temurun, baik itu kalimat motivasi, cerita inspirasi, cerita-cerita lucu dan lain sebagainya. Tanpa merasa terbeban kita akan share ulang kalimat-kalimat tersebut ke teman-teman kita.
Lalu apakah kita puas dengan tanda jempol yang diberikan teman-teman atas postingan kita yang hebat itu? Bukankah kita telah berlaku tidak jujur pada diri kita sendiri dan juga kepada teman-teman kita?
Sebegitu susah kah menuliskan sumber berita tersebut, atau jika memang sumbernya tidak jelas, sangat susah kah menuliskan kalimat "copy paste" pada akhir cerita itu?

Jujur bukanlah semata-mata hanya dengan tidak mengkorupsikan uang negara, atau tidak berkata dusta secara lisan terhadap teman. Jujur lebih dari pengakuan diri sendiri atas kekurangan dan kemampuan diri kita yang sangat terbatas.

So mulailah jujur pada diri kita sendiri dari hal yang sepele atau hal yang terkecil sekali pun itu, itu akan menjadi suatu kebiasaan yang membangun pribadi mu menjadi pribadi yang besar, dan tidak mustahil kelak engkaulah pemimpin yang berhasil membawa pembaharuan di negara ini.



CamRa, 060112
Jenet.

2 komentar:

  1. teman jangan lupa yah masukin link gunadarma. Sekarang kan sudah mulai softskill, sebagai salah satu mahasiswa gunadarma ayo donk masukin link gunadarmanya.
    di cek ya studentsitenya ada pengumumannya lho... :)
    www.studentsite.gunadarma.ac.id

    BalasHapus