NETTI NATARIDA MARPAUNG

WELLCOME TO MY BLOG..

I'M A DREAMER, AND I WANNA MAKE MY DREAMS COME TRUE.

Selasa, 23 Oktober 2012

USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM)


Usaha Kecil Menengah (UKM)seperti halnya koperasi dan bisnis rumah tangga di Indonesia sangat besar manfaatnya. Dengan UKM pengangguran akibat angkatan kerja yang tidak terserap dalam dunia kerja menjadi berkurang dan telah terbukti menyelamatkan perekonomian bangsa pada saat dilanda krisis ekonomi tahun 1997, kata Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (DPP HIPPI), Suryo B.Sulisto,MBA. UKM lah yang justru dapat tetap survive dan bertahan dari gempuran krisis moneter  sedangkan perusahaan - perusahaan besar yang begitu luar biasanya mendapat dukungan dari pemerintah saat itu ternyata tidak mampu menghadapi krisis bahkan banyak yang bangkrut dan berguguran.

Sektor UKM telah dipromosikan dan dijadikan sebagai agenda utama pembangunan ekonomi Indonesia. Sektor UKM telah terbukti tangguh, ketika terjadi Krisis Ekonomi 1998, hanya sektor UKM yang bertahan dari kolapsnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis. Mudradjad Kuncoro dalam Harian Bisnis Indonesia pada tanggal 21 Oktober 2008 mengemukakan bahwa UKM terbukti tahan terhadap krisis dan mampu survive karena:
1. Tidak memiliki utang luar negeri.
2. Tidak banyak utang ke perbankan karena mereka dianggap unbankable.
3. Menggunakan input lokal.
4. Berorientasi ekspor.

Selama 1997-2006, jumlah perusahaan berskala UKM mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha di Indonesia. Usaha Kecil dan Menengah juga dapat dimaksimalkan dengan adanya penguasaan teknologi. Penguasaan teknologi ini dapat memberikan kontribusi positif dalam pengelolaan, sehingga organisasi dapat lebih terkontrol dengan mudah. Oleh sebab itu, organisasi harus selalu mengikuti dinamika perubahan teknologi yang terjadi.

Kebijakan pemerintah dewasa ini telah cukup menunjukkan keberpihakan pada usaha kecil dan menengah. Banyak sudah upaya dan langkah-langkah pemerintah menyangkut pemberdayaan pada usaha kecil dan menengah dalam lima tahun terakhir ini. Kebijakan pemerintah untuk berpihak kepada UKM itu merupakan langkah yang sangat tepat guna membangkitkan perekonomian bangsa dan negara.

Di negara-negara maju, baik di Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Italia, UKM lah yang menjadi pilar utama perekonomian negara. Keadaan itu hanya mungkin terjadi karena pemerintah negara-negara tersebut mempunyai kebijakan yang mendukung terciptanya kondisi dimana usaha kecil menengah dapat menjadi sangat sehat dan kuat.

Sebagai usaha kecil yang ikut didalam pembangunan perekonomian bangsa, UKM harus menjalin kerjasama bisnis secara profesional, bersih, transparan dan bertanggung jawab dengan pemerintah daerah, pusat maupun negara luar .

Oleh karena itu sebagai seorang yang telah terdidik, kita mahasiswa harus mempunyai pemikiran jauh kedepan bagaimana menjadikan Usaha Kecil dan Menengah ini lebih berkembang dan tumbuh dalam perekonomian di Indonesia. Tidak lagi terfokus untuk menjadi pelamar pekerjaan saja, tetapi menjadi seorang yang bisa membuka lapangan kerja. Maka dari itu pengangguran di Indonesia akan berkurang dan tidak mustahil ke depan perekonomian Indonesia bisa makmur.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar