NETTI NATARIDA MARPAUNG

WELLCOME TO MY BLOG..

I'M A DREAMER, AND I WANNA MAKE MY DREAMS COME TRUE.

Jumat, 23 November 2012

SUDAHKAH USAHA KECIL MENENGAH MENJADI MOTOR BAGI PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA?


Pertanyaan mendasar di atas, tak pelak menggelitik pemikiran kita untuk sejenak merenungkan apakah memang usaha kecil dan menengah itu telah menjadi motor bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Masih jelas di ingatan kita, bahwa krisis moneter yang melanda Indonesia bahkan dunia pada tahun 1997 yang lalu cukup menghempas perekonomian dunia saat itu, namun kita ketahui bahwa perekonomian Indonesia masih bisa bertahan dikarenakan usaha kecil dan menengahlah yang banyak menyokong perekonomian di Indonesia saat itu.

Usaha Kecil Menengah yang sering disebut dengan UKM sangat membantu pertumbuhan perekonomian. Karena dengan UKM dapat membantu berkurangnya jumlah pengangguran di Indonesia. Selain itu, UKM juga memiliki kontribusi terhadap pembentukan Produk Domestik Bruto dan sebagai sumber penghasil devisa negara melalui ekspor berbagai jenis produk yang dihasilkan sektor UKM. Namun, untuk menjadi motor pertumbuhan perekonomian Indonesia, harus dimaksimalkan lagi kinerja UKM. Selain itu, masih dibutuhkan faktor lain untuk pertumbuhan perekonomian di Indonesia.
Sebenarnya dibutuhkan kemauan, kegigihan, inovatif dan kreatifitas, serta berdaya saing tinggi untuk mendukung terciptanya UKM yang sanggup berkompetisi secara global dan menerapkannya secara lokal sesuai konteks kebutuhan masyarakat yang ada. Namun saat ini, kurangnya faktor-faktor jiwa enterpreneur dalam masyarakat Indonesia, menjadikan kurangnya 'greget' dalam berbisnis.

Kendala atau hambatan yang terjadi pada usaha kecil ialah, kurangnya modal. Disinilah peran pemerintah sangat dibutuhkan guna tetap berdirinya dan memajukan usaha tersebut. Sebenarnya pemerintah telah memberikan bantuan salah satunya KUR (Kredit Usaha Rakyat). Akan tetapi, bunga yang dibayarkan oleh peminjam lumayan besar. Seharusnya, bunga tersebut haruslah kecil dan wajar supaya benar-benar membantu usaha kecil.

Saat ini, sudah banyak wadah-wadah dimana para sektor UKM berkumpul, untuk sharing berbagi pengetahuan dengan yang lain, menjalin networking. Salah satunya kegiatan pelatihan wirausaha yang diadakan oleh Kemnakertrans (Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi). Kemnakertrans membantu dengan mengadakan pendekatan pengembangan manajemen kewirausahaan, pendampingan, bimbingan konsultasi, pemasaran, teknologi, produksi, pengelolaan keuangan dan bimbingan desain dan kemasan.
Nah, sebagai seorang mahasiswa yang dididik lebih intensif dalam bidang perekonomian, seharusnya kita punya visi yang lebih berani ke depan untuk menjadikan usaha kecil dan menengah itu sebagai usaha mendasar dalam pergerakan ekonomi di Indonesia.


Sumber :

2 komentar:

  1. Hei kawan, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link ini http://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai andini..bgmn ya caranya me link kan blog kita ke gunadarma, aku belum tau caranya, minta tolong ajarin donk..!!

      Hapus