NETTI NATARIDA MARPAUNG

WELLCOME TO MY BLOG..

I'M A DREAMER, AND I WANNA MAKE MY DREAMS COME TRUE.

Senin, 24 Oktober 2011

**JADILAH BORU NI RAJA YANG SEJATI**


"Saya tertarik membaca bio profil yang kamu tuliskan,
CANTIKLAH SEPERTI BORU SUNDA,
LEMBUT DAN SANTUN SEPERTI BORU JAWA,
PINTAR DAN PUNYA BUDI PEKERTI SEPERTI BORU BATAK,
apa sih alasan kamu membuat statement seperti itu?" tanya seseorang kepada ku.

Hehehe... Gak ribet-ribet amat koq jawabannya, saya hanya ingin mencoba menggabungkan 3 ciri khas yang sangat menarik dari 3 perempuan-perempuan itu. Kenapa harus mereka, bukankah perempuan-perempuan dari luar atau dari negara barat sana jauh lebih hebat dari situ?
Ya..ya..ya... Tapi saya hanya ingin menggabungkan 3 ciri khas yang sangat menonjol dan dikenal dari perempuan-perempuan Indonesia yang saya sebut disitu.

"CANTIKLAH SEPERTI BORU SUNDA".

Yah...siapa yang tidak tahu boru Sunda itu cantik-cantik?
Cantik berhias diri dan cantik dalam berpenampilan. Apakah cantik itu perlu? Jawabnya, perlu. Kita tidak bisa memungkiri hal yang pertama sekali kita lihat dari seseorang yang baru kita kenal adalah penampilannya (fisikly). Dan bahkan tampilan seseorang yang sangat cantik dan elegant mampu membuat orang jatuh cinta pada pandangan pertama. Penampilan juga dapat menjadikan kita pada kelas yang diperhitungkan. Hal pertama yang memberi keuntungan langsung pada kita dari penampilan yang baik adalah orang tidak sepele dengan kita. Kita pasti sangat akrab dengan perkataan umum, "TU AHA RUPAI, ANGGO SO HASEA DO PANGALAHONA (UNTUK APA WAJAH YANG CANTIK, JIKA BUDINYA TIDAK BAGUS?" Memang sudah benar sebutan itu, tapi adakah kita sadari bahwa perkataan itu dengan otomatis sudah melemahkan keinginan kita untuk tampil cantik?. Dengan sendirinya kita sudah mengatakan, "TIDAK PERLU UNTUK CANTIK," padahal CANTIK ITU MENARIK bukan?
Bukanlah suatu hal yang susah menurut saya untuk tampil cantik, bukan dengan harus pergi ke salon 3x dalam seminggu. Tapi cukup dengan rajin merawat diri (bersih), pintar memadukan pakaian yang cocok, dan berdandanlah sepantasnya. Saya sudah banyak memperhatikan boru halak hita yang bila sudah menikah tidak memperhatikan penampilan lagi, dengan dalih mengatakan, "AI DANG PORLU BE I, GELLENG I NAMA NAUMPORLU, (TIDAK PERLU LAGI TAMPIL CANTIK, ANAK LAH YANG LEBIH PENTING)."
Hehehe...dari 24 jam sehari tak ada lagikah waktu untuk menjadikan diri kita tetap cantik selalu? Tak ada waktukah untuk berdandan sejenak atau karena malas?
Pola pikir seperti inilah yang perlu dirubah dari kebiasaan boru halak hita. Tidak ada orang yang terlahir jelek, hampir bisa dikatakan semua rupa bayi sama, hanya bagaimana kita bertumbuh dan merawat badan/tubuh kitalah yang kemudian menjadikan kita berbeda. Jadi rawatlah tubuh anda agar anda kelihatan cantik selalu. Ingat untuk CANTIK itu tidak harus mahal, tapi cukup dengan modal kemauan dan kerajinan.

"LEMBUT DAN SANTUN SEPERTI BORU JAWA".

Hmm...pernah dengarkan boru Jawa berbicara? Semarah-marahnya seorang boru Jawa tapi koq tidak bisa kasar ya ngomongnya, selalu nadanya itu bisa dikontrol, lembuuuut. Sangat berbeda dengan boru halak hita yang dominan cerewet, "patubekbek" dalam bahasa ilmiahnya. Satu contoh lagi yang sangat menarik dari boru Jawa ini yaitu santun dan patuh terhadap suaminya. Saya banyak memperhatikan bagaimana seorang boru Jawa melayani suaminya, benar-benar melayani dengan cinta yang lembut, apa dan bagaimanapun suaminya itu dia akan selalu memberi pelayanan terbaik buat suaminya. Akh..boru halak hita seperti itu kah? Jangan-jangan kurang sedikit saja setoran langsung "patubekbek."
Hahaha...pantaslah seorang pencipta lagu menuliskan lagunya, 

"OLOMA SIPATA TAHE DA, TATA ROHANIBA MARNIDA BORU NI RAJA NA DI JABUAN, GABE OLO DO SIPATA TAHE DA, TUBU SANGKAP-SANGKAP NI ROHA, LAO MANGALAP BORU JAWA. (TERKADANG INGIN RASANYA MENIKAHI GADIS JAWA DARIPADA GADIS BATAK).

Coba deh boru halak hita semua seperti itu, pasti lagu ini tidak akan pernah tercipta dan tidak akan pernah kita dengar.
Saya bukan bermaksud untuk mengatakan segala sesuatu harus tunduk pada suami (lelaki), tapi saya hanya menekankan, "Buatlah lelaki itu tahluk dengan kelembutan mu sebagai seorang wanita."
Setinggi apapun jabatan mu dalam pekerjaan, sebebas apapun kamu menyuruh laki-laki yang menjadi bawahan kamu, tapi untuk suami, seorang perempuan tetaplah harus tunduk sebagaimana diatur dalam Alkitab (Kolose 3:18).

PINTAR DAN PUNYA BUDI PEKERTI SEPERTI BORU BATAK.

Wouuw....kalau yang ini mah boru batak tidak diragukan lagi. Yahh...pintar. Dari kecil kita sudah terbiasa dengan pendidikan, baik itu pendidikan rohani maupun pendidikan akademis. Semiskin-miskinnya orang tua kita sangat jarang yang tidak menyekolahkan anak-anaknya, minimal sampai pendidikan menengah atas. Oleh karena itu kita sebagai boru halak hita harus meneruskan pola pikir seperti ini kepada anak-anak kita kelak. Tujuh puluh persen pola pikir anak diadopsi dari ibu yang dominan lebih sering berhadapan langsung dengan anaknya. Bagaimana kita mengharapkan anak kita pintar jika ibunya tidak pintar?
Budi pekerti atau akhlak, itu juga didasari dari pola pendidikan rohani sejak dini. Dari kecil kita sudah diajar dalam sekolah minggu, kemudian pendidikan agama dasar dan menengah, adat istiadat dan budaya kita yang sangat menjunjung tinggi norma-norma kiranya menjadikan kita sebagai boru BATAK yang pintar dan berakhlak.

Jika 3 hal yang istimewa ini digabungkan dan ada pada diri seorang boru halak hita,
"CANTIK, LEMBUT DAN SANTUN, SERTA PINTAR DAN BERBUDI PEKERTI,"
apakah itu mustahil?

Akh..saya rasa tidak mustahil, hanya perlu prinsip dan kemauan yang keras untuk melaksanakannya.

Oleh karena itu,
"CANTIKLAH SEPERTI BORU SUNDA,
LEMBUT DAN SANTUN SEPERTI BORU JAWA,
SERTA PINTAR DAN PUNYA BUDI PEKERTI SEPERTI BORU BATAK,"
dan anda akan disebut   "BORU NI RAJA."


Camra, 04 04 11.
Love.

Kosakata:
Boru     =  Perempuan, gadis
halak hita = ungkapan lazim menyebut orang Batak.
patubekbek = cerewet

(Artikel ini buat tugas mata kuliah Ilmu Budaya Dasar dengan thema MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP)

1 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus