NETTI NATARIDA MARPAUNG

WELLCOME TO MY BLOG..

I'M A DREAMER, AND I WANNA MAKE MY DREAMS COME TRUE.

Senin, 24 Oktober 2011

@> ULOS HELA <@

 
oleh Jecqlien Netty Marpaung pada 05 April 2011 jam 14:14
Kita pasti sudah tahu dan sering melihat dalam pesta-pesta perkawinan ULOS HELA itu, yaitu ulos yang diberikan orang tua perempuan (parboru) kepada menantunya (helanya).
Namun banyak diantara kita yang tidak tahu apa sebenarnya makna dari ULOS HELA itu, kita hanya tahu itulah prosesi adat istiadat Batak dalam pelaksanaan adat perkawinan.

Disinilah kita bisa lihat salah satu contoh bahwa nenek moyang kita (ompunta sijolojolo tubu) telah memiliki pemikiran yang maju dan berhasil menuangkan pemikiran mereka dengan berbagai tanda simbolyk melalui benda-benda alamiah pada umumnya.

Kenapa harus ULOS yang diberikan orang tua perempuan? Bukankah masih banyak barang lain yang lebih mahal, emas misalnya?

Nah, disini saya coba mengkaji apa sebenarnya makna dari pemberian ULOS itu. Mohon maaf jika kajian saya bertentangan dengan makna sebenar-benarnya dari ULOS HELA itu. Karena ini adalah pemikiran saya semata.

Ulos yang dalam terjemahan bahasa Indonesianya adalah SELIMUT berfungsi untuk menghangatkan badan kita, sebagai alat untuk menjaga dan merawat tubuh kita dari segala sesuatu yang tidak kita inginkan (masuk angin dan lain sebagainya). Intinya ulos itu adalah alat untuk merawat tubuh kita.
Nah, dalam hal ini orang tua perempuan (parboru) memberikan ULOS kepada menantunya (helanya) dengan artian bahwa urusan menjaga dan merawat anak perempuannya itu diserahkan sepenuhnya kepada menantunya (helanya). Jadi ULOS itu merupakan simbolyk dari serah terima tanggung jawab akan anak perempuannya kepada menantunya.
Itu makanya tidak pernah dikatakan ULOS BORU melainkan ULOS HELA, walaupun dalam penyerahan ulos tersebut diberikan bersamaan pada anak perempuan dan menantunya. Karena pada dasarnya orang tua perempuan dengan menantunyalah yang serah terima.

Saya tertarik menuliskan note ini karena membaca status salah seorang teman saya yang menanyakan apa itu ULOS HELA, dan mudah-mudahan catatan saya berguna untuk yang lain.


Camra, 05 04 11

Tidak ada komentar:

Posting Komentar